cover
Contact Name
Panji Cahyo Utomo
Contact Email
panjicahyo22@gmail.com
Phone
+6281347004726
Journal Mail Official
journal.dijitac@gmail.com
Editorial Address
Jl. H.A.M. Rifaddin, Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia
Location
Kota samarinda,
Kalimantan timur
INDONESIA
DiJITAC : Digital Journal of Information Technology and Communication
ISSN : 27464784     EISSN : 27464792     DOI : https://doi.org/10.21093/dijitac
Digital Journal of Information Technology and Communication (DiJITAC) diterbitkan oleh UPT Teknologi Informasi dan Pangkalan Data, Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda sejak Oktober 2020. Jurnal DiJITAC memuat naskah hasil-hasil penelitian di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jurnal DiJITAC memiliki komitemen untuk memuat artikel yang berkualitas yang dapat menjadi rujukan utama para peneliti dalam bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "DiJITAC, Vol 2 No.1, Oktober 2021" : 5 Documents clear
KEPUASAN PENGGUNA SISTEM INFORMASI SAKU MAHASISWA DENGAN METODE END USER COMPUTING SATISFACTION Maulidiya, Maulidiya; sugiyono, sugiyono
DiJITAC: Digital Journal of Information Technology and Communication DiJITAC, Vol 2 No.1, Oktober 2021
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (621.172 KB) | DOI: 10.21093/dijitac.v2i1.4242

Abstract

Sistem informasi Saku Mahasiswa merupakan aplikasi administrasi akdemik berbasis android untuk membantu pelaksanaan administrasi pembelajaran mahasiswa UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Keluhan yang muncul dari berbagai ulasan pengguna terhadap sistem informasi Saku Mahasiswa berdasarkan data yang dikumpulkan dari layanan google play serta belum tersedianya tolok ukur tingkat kepuasan pengguna dan kinerja aplikasi merupakan faktor yang melandasi penelitian ini dilakukan. Metode pengukuran kepuasan menggunakan End User Computing Satisfaction (EUCS) pada 5 dimensi yaitu isi, akurasi, tampilan, kemudahan, dan ketepatan waktu layanan. Teknik pengumpulan data melalui kuisioner kepada 100 mahasiswa dari 5 fakultas sebagai sampel dengan memanfaatkan aplikasi google form. Hasil penelitian berdasarkan dimensi content (isi) memperoleh skor 73,9%, accuracy (keakuratan) sebesar 72,8%, format (tampilan/bentuk) sebesar 78,8%, ease of use (kemudahan penggunaan) sebesar 81,8%, dan demensi timeliness (ketepatan waktu) sebesar 70,6%. Sehingga rata-rata tingkat kepuasan mahasiswa terhadap sistem informasi Saku Mahasiswa sebesar 72,2%. Hasil uji ANOVA menunjukkan bahwa kepuasan mahasiswa per fakultas rata-rata sebanyak 72,6%, terdapat perbedaaan signifikan sebesar 0,002 atau lebih kecil dari 0,05, sehingga Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa sebagian besar pengguna Puas terhadap layanan Sistem Informasi Saku Mahasiswa. Kata Kunci: Kepuasan Pengguna, Saku Mahasiswa, End User Computing Satisfaction Abstract The Student Pocket information system is an android-based academic administration application to assist the administration of student learning at UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Complaints that arise from various user reviews of the Student Pocket information system based on data collected from google play services and the unavailability of benchmarks for user satisfaction and application performance are the factors that underlie this research. The method of measuring satisfaction uses End User Computing Satisfaction (EUCS) on 5 dimensions, namely content, accuracy, appearance, convenience, and timeliness of service. The technique of collecting data is through questionnaires to 100 students from 5 faculties as a sample by utilizing the google form application. The results of the study based on the dimensions of content (content) obtained a score of 73.9%, accuracy (accuracy) of 72.8%, format (display/shape) of 78.8%, ease of use (ease of use) of 81.8%, and the timeliness dimension is 70.6%. So that the average level of student satisfaction with the Student Pocket information system is 72.2%. The results of the ANOVA test showed that the average student satisfaction per faculty was 72.6%, there was a significant difference of 0.002 or less than 0.05, so Ha was accepted. Thus it can be concluded that most users are satisfied with the Student Pocket Information System service. Keywords: User Satisfaction, Student Pocket, End User Computing Satisfaction
APLIKASI SISTEM INFORMASI PEMBAYARAN JASA PELAYANAN HOME CARE NURSING
DiJITAC: Digital Journal of Information Technology and Communication DiJITAC, Vol 2 No.1, Oktober 2021
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21093/dijitac.v2i1.4371

Abstract

Abstrak Perkembangan teknologi informasi memudahkan setiap gerak langkah manusia, hal semacam itu membuat manusia akan semakin mudah dalam melaksanakan segala aktifitas kehidupannya, berbagai aplikasi yang merupakan produk dari bidang ilmu teknologi disediakan dalam berbagai kegiatan, salah satu yang menggunakan aplikasi system dalam memudahkan kegiatannya adalah jasa pelayanan, hal ini tentunya untuk menghindari kesalahan data dan evaluasi terhadap segala palayanan yang diberikan, sehingga tujuan utamanya adalah terciptanya kepuasan pelanggan dan profesionalisme dari penyedia layanan. aplikasi system adalah sekumpulan intruksi yang dibuat dan digunakan untuk mengatur dan mengendalikan komputer, sedangkan jasa meliputi layanan seseorang/instansi/barang yang akan memenuhi kebutuhan dari penerima layanan. Jasa yang baik memiliki beberapa karakter diantaranya adalah intangibility, inseparability, variability, perishability, hal-hal tersebut merupakan ukuran jasa yang diberikan. Aplikasi pelayanan jasa pelayanan khususnya untuk pelayanan home care nursing terdiri dari beberapa jasa pelayanan yang diotomatisasi dalam satu aplikasi system, diantara layanan tersebut adalah visite yang dilaksanakan oleh tenaga medis, home stay keperawatan, home visite, jasa konsultasi, dan pengelolaan dokumen (dokumentasi), semua jenis pelayanan tersebut di akomodir dengan metode tertentu dalam sebuah aplikasi system untuk memudahkan dalam administrasinya, kegiatan pengembangan dilakukan dengan sekuensial linier yang meliputi analisis, desain, kode, pengujian dan pemeliharaan, dapat dijabarkan sebagai berikut perancangan desain perangkat lunak, pengkodean atrau koding program harus diubah kedalam bahasa mesin yang akan dibaca oleh compiler guna pengujian system. Kata Kunci : Aplikasi, Home, Care, Nursing. The development of information technology makes it easier for every human step, things like that make it easier for humans to carry out all their life activities, various applications which are products from the field of technology are provided in various activities, one of which uses system applications to facilitate their activities is services, this is of course to avoid data errors and evaluation of all services provided, so that the main goal is to create customer satisfaction and professionalism of service providers. A system application is a set of instructions created and used to manage and control a computer, while a service includes a person/agency/goods service that will meet the needs of the service recipient. Good services have several characteristics, including intangibility, inseparability, variability, perishability, these are measures of the services provided. The application of service services, especially for home care nursing services, consists of several services that are automated in one application system, among these services are visits carried out by medical personnel, nursing home stays, home visits, consulting services, and document management (documentation), all types of services are accommodated with certain methods in a system application to facilitate its administration, development activities are carried out in a linear sequential manner which includes analysis, design, code, testing and maintenance, can be described as follows: software design design, coding or program coding must converted into machine language which will be read by the compiler for system testing Keywords: Aplikasi, Home, Care, Nursing
DAMPAK PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI PADA PELAKSANAAN KEGIATAN BEKERJA DARI RUMAH DI MASA WABAH COVID-19
DiJITAC: Digital Journal of Information Technology and Communication DiJITAC, Vol 2 No.1, Oktober 2021
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21093/dijitac.v2i1.4781

Abstract

Tujuan di tulisnya jurnal ini adalah untuk membuat analisis tentang cara dalam membantu dan menunjang pelaksanaan kegiatan teknologi informasi dan komunikasi pada tatanan kehidupan baru di masa wabah Covid-19. Pembahasan dalam review ini mencakup empat tahapan penyelesaian, yaitu pemilihan judul buku yang akan dibahas, mencari dan memilih jurnal dan buku yang berkaitan dengan judul, membuat penelitian dan membuat sintesis literatur, dan pengorganisasian tulisan. Hasil tinjuauan menunjukkan bahwa wabah Covid-19 telah membawa dampak yang sangat signifikan dalam banyak bidang. Meskipun disisi lain, kehadirannya hanya akan menjadi efektif jika dibarengi dengan pengetahuan pengguna tentang teknologi informasi itu sendiri. TIK dapat merangkul semua keilmuan dan keterampilan yang dapat membuat teknologi lebih efisien, dimulai dengan pengetahuan tentang peralatan, pengoperasiannya, pemrosesan dan komunikasi informasi. TIK memiliki keutamaan dalam memperlancar dan membuat pekerjaan lebih efektif, memudahkan dalam berkomunikasi dan berkolaborasi diantara sesama pengguna, kemudian dapat memberikan manfaat yangbenar dan sesuai etika dalam penggunaan media sosial dan informasi.
RANCANG BANGUN APLIKASI PEMINJAMAN RUANGAN BERBASIS WEB
DiJITAC: Digital Journal of Information Technology and Communication DiJITAC, Vol 2 No.1, Oktober 2021
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21093/dijitac.v2i1.4941

Abstract

Abstrak Aplikasi Peminjaman Ruangan (SIJARU) Berbasis Web di Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris adalah sebuah aplikasi yang berfungsi untuk mengawasi proses peminjaman ruangan, pendataan ruangan dan pembuatan laporan. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah Prototype dengan alat bantu analisis dan perancangan yaitu: flowchart, context diagram, data flow diagram, entity relationship diagram. Aplikasi ini dibangun menggunakan bahasa PHP dengan framework CodeIgniter 3 dan MySQL Server sebagai server database yang digunakan. Selain itu dalam pembangunannya, digunakan metode pengujian Black Box untuk mengetahui semua fungsi aplikasi dapat berjalan dengan baik. Aplikasi peminjaman ruangan ini dapat membantu operator dalam mendata segala peminjaman ruangan yang dilakukan di lingkungan UINSI Samarinda. Abstract The Web-Based Room Rental Application (SIJARU) at the Samarinda State Islamic Institute is an application that functions to oversee the process of room lending, room data collection and report generation. The system development method used is Prototype with analysis and design tools, namely: Flowchart, Context Diagram, Data Flow Diagram, Entity Relationship Diagram. This application is built using the PHP language with the CodeIgniter 3 framework and MySQL Server as the database server used. In addition, in its development, the Black Box testing method is used to find out all application functions can run well. This room rental application can assist operators in recording all room rents made in the UINSI Samarinda environment.
PENGGUNAAN METODE NAÏVE BAYES DALAM MENERIMA SISWA BARU DI SMP NEGERI 1
DiJITAC: Digital Journal of Information Technology and Communication DiJITAC, Vol 2 No.1, Oktober 2021
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21093/dijitac.v2i1.5018

Abstract

Dalam mekanisme penerimaan calon siswa baru di SMP NEGERI 1 Tenggarong Seberang, seperti di sekolah lain, terdapat beberapa syarat, antara lain hasil UN dan tes tertulis berupa tes dari beberapa bidang studi. Diharapkan pihak sekolah dapat seefisien mungkin dalam menyeleksi calon siswa baru yang memang sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan. Namun pada keadaan sebenarnya, unsur penilaian manusia banyak menimbulkan subjektivitas dalam menetukan keputusan, terutama dalam hal kekerabatan. Oleh karena itu, diperlukan suatu sistem aplikasi yang mendukung proses seleksi mahasiswa yang benar-benar objektif, tidak memihak dan transparan dalam mengambil sebuah keputusan. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat sistem pendukung keputusan penerimaan calon siswa baru dengan metode Naive Bayes di SMP Negeri 1 Tenggarong Seberang, dengan harapan dapat mendukung dan memudahkan dalam mengambil sebuah keputusan dalam penerimaan siswa baru. Bahasa pemrograman yakni PHP dan database yang digunakan adalah MySQL. Survei ini dilakukan di SMP Negeri 1 Tenggarong Seberang, yang terletak di Desa Manunggal Jaya, Kecamatan Tenggarong Seberang, Kab. Kutai Kartanegara. Metode pengumpulan data adalah observasi, studi lapangan studi pustaka, dan wawancara. Hasil penelitian ini berupa aplikasi sistem pendukung keputusan penerimaan calon siswa baru. Pengguna dapat memasukkan informasi tentang calon data siswa baru, kriteria biaya dan sub kriteria. Hasil tersebut berupa laporan hasil seleksi calon siswa baru yang diterima dan tidak diterima. Sistem melakukan proses penghitungan nilai kriteria dan subkriteria menggunakan metode Naive Bayes, kemudian keputusan dibuat dan ditampilkan oleh sistem.

Page 1 of 1 | Total Record : 5